Siemens – ITB Teken Kerja Sama Pengembangan Program Digital Twin Ekosistem

TEMPO.CO, Jakarta – Siemens menandatangani nota kesepakatan (MoA) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Selasa, 15 Agustus 2023, yang menandai terbentuknya kerja sama untuk pengembangan Program Digital Twin Ekosistem (D2TEP).

Kerja sama dengan ITB merupakan tindak lanjut dari inisiatif Program Kemitraan dengan Universitas, sebuah kolaborasi dengan tiga universitas terkemuka di Indonesia di bidang studi teknik.

“Nota kesepakatan ini ditujukan untuk Pengembangan Program Digital Twin Ekosistem (D2TEP) untuk menghasilkan tenaga kerja masa depan yang memiliki kompetensi teknis dan siap kerja sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan masyarakat,” kata Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia, Lamine Jendoubi, dalam siaran resmi yang diterima Rabu, 16 Agustus 2023.

D2TEP akan berbasis perangkat lunak SIMIT dari Siemens dan berfokus pada percepatan pengembangan ekosistem untuk pemodelan dan simulasi pabrik menggunakan platform simulasi SIMIT dari Siemens.

Platform ini memungkinkan pengujian yang komprehensif pada aplikasi otomasi dan menghadirkan sebuah lingkungan pelatihan yang realistis (Digital Twin) untuk operator sebelum sistem tersebut beroperasi.

Melalui kemitraan ini, Institut Teknologi Bandung dapat sepenuhnya mengimplementasikan metode pengajaran dan topik teknis SIMIT ke dalam mata kuliah yang sesuai untuk mahasiswa program sarjana, pascasarjana, dan Ph.D di Fakultas Teknik Industri.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 di Stanford University, Dibuka hingga Oktober 2023

Keuntungan universitas

Iklan

Universitas juga akan dapat menghasilkan Operator Training System (OTS) untuk proses spesifik di dalam industri.

Ke depannya, kemitraan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja masa depan yang memiliki kompetensi teknis dan siap kerja sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan masyarakat.

Selain itu, pada Selasa (15/8) Siemens juga mengadakan Siemens Indonesia Executive Summit. Acara tersebut mempertemukan lebih dari 100 pemangku kepentingan utama baik dari regulator maupun perusahaan publik dan swasta.

Baca Juga  how to view our content

Siemens Indonesia Executive Summit menghadirkan pembicara serta panel diskusi dengan narasumber dari berbagai instansi internasional maupun Indonesia.

Dengan mengusung tema “Mempercepat Transformasi Digital untuk Keberlanjutan”, acara itu berfokus pada berbagai upaya untuk mencapai keberlanjutan melalui transformasi digital.

Pilihan Editor: Beasiswa Australia untuk Dukung Pembangunan IKN Masih Dibuka, akan Kuliah di Monash University Indonesia

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/Losergeek.orgdotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *