Pemain Naturalisasi Didukung Main di Timnas Indonesia untuk AFF U-23 2023 Membuat Shin Tae-yong Tersenyum?

Informasi salah soal akan ada pemain naturalisasi ikut perkuat susunan terbaru Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di Thailand.

Sebuah kabar tidak benar atau salah menyatakan bahwa menjelang pertandingan pembuka Grup B Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia melawan Malaysia akan ada pemain naturalisasi didukung masuk Timnas Indonesia. Coach Shin Tae-yong dibuat tersenyum lebar karenanya.

Kabar ini diunggah di kanal YouTube lewat akun bernama GARUDA SPACE dalam bentuk video yang berjudul “STY FULLSENYUM! Tiba2 kabar baik hampiri Timnas U23 jelang lawan Malaysia~Naturalisasi didukung”.

Foto thumbnail adalah Timnas Indonesia tengah berlatih di sisi kiri, sebelah kanan adalah Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI serta insert pelatih sepak bola.

Tulisan penyertanya “TIMNAS DIDUKUNG MAINKAN PEMAIN KETURUNAN ALASAN STY BISA PERMALUKAN MALAYSIA”.

Apakah ada nilai kebenaran dari video ini?

Video dengan konten salah yang menggunakan kata “permalukan” (sumber: [screenshot].)

CEK FAKTA  

Video ini salah atau tidak benar dalam memberikan informasi. Antara judul dan konten sendiri tidak memiliki relasi.

PENJELASAN

Baca Juga:Nanti Malam Berlaga, Malaysia Sesumbar Timnas Indonesia Tak Bakal Lolos AFF U-23 2023?

Metro Suara.com melakukan penelusuran judul dan konten video, hasilnya adalah:

* Judul “STY FULLSENYUM! Tiba2 kabar baik hampiri Timnas U23 jelang lawan Malaysia~Naturalisasi didukung” terasa mengada-ada.
Fakta: sepak bola adalah olah raga, kabar baik atau pun buruk bukan hal utama, kesiapan fisik sampai keandalan teknis yang lebih penting dikuasai.

* Kalimat di thumbnail “TIMNAS DIDUKUNG MAINKAN PEMAIN KETURUNAN ALASAN STY BISA PERMALUKAN MALAYSIA” juga tidak kalah janggal.
Fakta: meneruskan kalimat di judul tentang senyum Coach Shin Tae-yong serta memainkan pemain keturunan sehingga mempermalukan Malaysia tidak merujuk kepada hal teknis.
Logika: Timnas Indonesia U-23 diberangkatkan ke Thailand untuk mengikuti kejuaraan Piala AFF 2023 dengan formasi sudah ditetapkan dan dari sumber kredibel disebutkan oleh Shin Tae-yong, “Susunan pemain tidak jauh berubah dari SEA Games 2023.” Artinya mau pesepakbola naturalisasi atau tidak, tidak ada perubahan dilakukan.

Baca Juga  Belanja APBN 2023 Tinggal 60 %, Sri Mulyani Wanti-wanti Ini soalPengadaan Barang dan Jasa

* Cek video, hasilnya tidak sesuai dengan judul.
Fakta: sampai menit 1:14 pembahasan soal dua pelatih asing, salah satunya Thomas Doll dari tim Persija Jakarta, yang tidak memberikan izin kepada dua pemenangnya.

Dari konten video hingga di menit pertama saja tidak mampu memberikan keterangam jelas seperti judulnya, maka video bertajuk  “STY FULLSENYUM! Tiba2 kabar baik hampiri Timnas U23 jelang lawan Malaysia~Naturalisasi didukung” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.  

Baca Juga:Apakah Ageman Songkok Singkepan Ageng yang Dikenakan Presiden Jadi Kode, Berikut Lima Busana Adat Terbaik HUT ke-78 RI

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *