Mengenal Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Meninggal di Mandalika

TEMPO.CO, Jakarta – Pembalap motor Haruki Noguchi meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tragis di Sirkuit Mandalika dalam gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) Mandalika kelas ASB1000 akhir pekan kemarin. Haruki Noguchi menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 16 Agustus 2023 setelah tiga hari mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Nusa Tenggara Barat.

“Dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya Haruki Noguchi setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Nusa Tenggara Barat,” tulis pernyataan ARRC, dikutip Jumat, 18 Agustus 2023.

Sebelumnya, Haruki Noguchi dilaporkan mengalami cedera kritis pasca terlibat kecelakaan parah di Tikungan 10 Sirkuit Mandalika lap keempat. Kecelakaan itu bermula ketika pembalap Malaysia, Zaqhwan Zaidi (Honda Asia-Dream Racing with Showa) melebar di tikungan 10 dan menyentuh bagian depan motor balap Haruki Noguchi (SDG MS Harc-Pro.Honda.Ph.).

Akibatnya, keduanya terlibat dalam kecelakaan yang mengakibatkan motor balap Haruki Noguchi tergeletak di tengah lintasan Sirkuit Mandalika. Tidak lama setelah itu, tiba-tiba muncul Kasma Daniel Kasmayudin dari tim Yamaha GEN BLU Racing Team ASEAN dan menabrak motor balap milik Noguchi. Lantas, seperti apa profil Haruki Noguchi dan rekam jejak karirnya di dunia balap?

Profil Haruki Noguchi

Haruki Noguchi adalah seorang pembalap motor kelahiran Nara, Jepang, pada tanggal 20 Juni 2001. Sejak kecil, Noguchi telah menunjukkan minat dan bakatnya di dunia balap motor. Ia pun memutuskan untuk terjun dalam balap motor sejak usia muda untuk menunjukkan potensinya.

Selama berkarir sebagai pembalap motor, Noguchi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan dan prestasinya sebagai pembalap. Noguchi dikenal memiliki dedikasi yang tinggi untuk bisa berkembang di dunia balap motor. Pria 22 tahun itu juga berdaya juang tinggi untuk meraih hasil terbaik dalam setiap balapan yang diikutinya.

Baca Juga  LG Electronics Hadir di CES 2024, Ini Teknologi dan Inovasi yang Hadir - Fintechnesia.com

Rekam Jejak Karier dan Prestasi Haruki Noguchi

Iklan

Meski usianya masih muda, namun Haruki Noguchi berhasil mengukir banyak prestasi dalam dunia balap. Noguchi bahkan berhasil meraih posisi podium dan menjadi sorotan dalam berbagai ajang balap motor, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasinya dalam beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa dia adalah salah satu pembalap muda yang patut diperhitungkan di dunia balap motor.

Sebagai seorang rookie, Haruki Noguchi memiliki kemampuan untuk berkembang dan menghasilkan pencapaian luar biasa di masa yang akan datang. Keterlibatannya dalam ajang perlombaan motor menggambarkan tekad dan semangatnya dalam kancah balap motor skala internasional.

Pada 2010, ia berhasil mengukir pencapaian awal dengan meraih posisi pertama sebanyak dua kali dan posisi kedua sebanyak satu kali dalam lomba sepeda anak-anak di Kinki Sports Land. Satu tahun berselang, ia berhasil meraih posisi pertama dan posisi kedua di Kinki Sports Land, Okegawa Sports Land, serta Akechi Circuit.

Kemudian pada 2013, Noguchi berhasil meraih gelar juara dalam Kejuaraan Balap Motor Mini Jepang, Kejuaraan Balap Motor Mini Kinki Sports Land, dan Kejuaraan Balap Motor Mini Mihama. Di 2017, ia meraih posisi kedua dalam Suzuka J-GP3 Championship dan Okayama J-GP3 Championship.

Selanjutnya pada 2015, ia berhasil mendapatkan posisi ke-2 dalam Tsukuba Championship sebanyak dua kali serta tiga kali posisi keempat dan satu kali posisi kelima dalam Suzuka Championship. Setahun kemudian, ia mengamankan gelar juara dalam Suzuka J-GP3 Championship serta meraih posisi kedua dalam Tsukuba J-GP3 Championship sebanyak tiga kali.

Pada 2017, ia berhasil menduduki posisi kedua dalam Idemitsu Asia Talent Cup dengan kinerja yang stabil di berbagai podium. Di 2018, dirinya sukses mencapai peringkat kedua dalam Idemitsu Asia Talent Cup dengan beberapa kali finis di posisi pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu, menunjukkan performa yang mengesankan dalam Kejuaraan Balap Jalan Jepang dengan meraih tiga kali posisi pertama, dua kali posisi kedua, dan dua kali posisi ketiga. Terakhir pada 2019 ia mendapatkan peringkat ketiga dalam keseluruhan ajang Red Bull Rookies Cup.

Baca Juga  Bank DBS Indonesia Kucurkan Loan Channeling ke Adapundi - Fintechnesia.com

MUHAMMAD RAFI AZHARI | RIZKI DEWI AYU



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *