Jokowi Klaim IKN Jadi Proyek Terbesar yang Ada di Dunia Saat Ini

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN merupakan proyek terbesar di dunia saat ini. Menurut Jokowi, Indonesia berani membangun IKN karena nantinya bakal menjadi sentra ekonomi baru. 

“Di dunia sekarang ini proyek terbesar yang ada itu hanya satu di Indonesia yang namanya Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Jokowi saat menghadiri Munas Real Estate Indonesia (REI) ke XVII di Gandaria, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Agustus 2023.  

Jokowi menyebut saat ini sudah ada 34 ribu hektare lahan di IKN yang bisa dibeli. Jokowi mengatakan hal ini menjadi peluang bagi REI yang memang berfokus di real estate. “Enggak ada gratisan di sana, harganya berapa? Tanya ke Pak Kepala Otorita, ini peluang, ini peluang,” kata Jokowi. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta kepada REI untuk memperkuat kolaborasi dengan pemerintah dalam membantu rakyat kecil memiliki hunian sehat dan layak dengan program sejuta rumah. Jokowi juga berpesan agar REI memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dalam bisnisnya. “Ini penting! Jangan sampai setelah ada pembangunan sebuah kawasan perumahan, misalnya kampung, di dekatnya air sumurnya kering, area kampungnya jadi banjir. Tolong betul-betul dilihat. Sampahnya juga tolong disiapkan di kawasan-kawasan perumahan,” kata Jokowi. 

Iklan

Dalam pidatonya, Jokowi meminta agar REI membantu mengembangkan konsep perkotaan seperti di Amerika Serikat. Menurut Jokowi, sebuah kota akan semakin bagus jika bisa mengedepankan ciri khasnya sehingga tercipta perbedaan antar-kota. 

“Fasilitas ada kota ikan, ada kota mebel, ada kota bold, ada di Amerika seperti itu ada. Jadi tematik, enggak semua kota sama. saya kira REI mungkin bisa merumuskan langkah strategis menuju ke sana,” kata Jokowi. 

Baca Juga  Curhat Perpisahan dengan Seseorang, Putri Anne: Aku Tidak Menahan Orang yang Tak Mau Tinggal

Pilihan Editor: Bertemu Jokowi, Puan Maharani Sebut Sempat Bahas Pilpres 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *