BPOM Beberkan Kriteria dan Kunci dari Keamanan Pangan, Apa Saja?

Jumat, 18 Agustus 2023 – 11:40 WIB

JAKARTA – Untuk menjamin kesehatan masyarakat, memastikan keamanan pangan menjadi hal yang sangat penting. Keamanan pangan sendiri merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman dikonsumsi. 

Baca Juga :

Sandiaga Berikan Modal Usaha untuk Disabilitas dan Sembako Murah ke Warga

Ketua Tim Standarisasi dan Pengkajian Bahan Tambahan Pangan, Bahan Penolong, Kemasan, Cemaran, dan Cara Ritel Pangan yang Baik (BPOM), Dra. Deksa Presiana, Apt.,M.Kes, menjelaskan tiga kriteria pangan yang tergolong aman. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahuinya. 

Aman dari bahaya biologis
Menurut Deksa, hal ini merujuk pada pangan yang bersih, tidak basi, tidak berbau asam, serta kemasan pangan tidak rusak. 

Baca Juga :

Liga Bola Rakyat Sukses Bangkitkan UMKM

Aman dari bahan kimia
“Ciri-cirinya mencakup, tidak terlalu kenyal, keras dan gosong; tidak berwarna mencolok; tidak dibungkus kertas bekas atau koran; dan tidak menggunakan bahan berbahaya. Selain itu, tidak berlebihan menggunakan bahan tambahan pangan,” jelasnya saat Peluncuran Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag 2023, yang digelar online di Jakarta, baru-baru ini. 

Baca Juga :

Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Ekspor Guna Tingkatkan Potensi dan Kapasitas Pelaku Usaha

Aman dari bahaya fisik
Deksa lebih lanjut memaparkan, pangan yang aman dari bahaya fisik diartikan sebagai bebas dari kontaminasi rambut, serpihan kayu, kerikil dan staples. Selain itu, pastikan juga pangan tidak dibungkus dengan pembungkus berstaples. 

Selain mengenali ciri-ciri pangan yang aman, ada beberapa kunci keamanan pangan yang juga tak kalah penting untuk diketahui dan dipahami. Deksa membeberkan, ada 5 kunci dari keamanan pangan. Berikut di antaranya. 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *