Bima Sakti Mundur dari Posisi Pelatih Timnas U-17 Setelah Para Pemainnya Ditelan Barca Junior Tanpa Balas?

Informasi salah ini menyebutkan Coach Bima Sakti undur diri karena para pemainnya tidak bisa menang kontra FC Barcelona Juvenil A.

Timnas U-17 yang disebut sebagai Garuda United U17 (nama untuk kegiatan uji coba) menelan kekalahan saat melawan FC Barcelona Juvenil A di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Beredar kabar bahwa pelatihnya, Coach Bima Sakti menyatakan mundur dari tim yang diasuhnya.

Kabar ini didapatkan dari kanal YouTube, dari akun bernama HBS LIGA yang mengunggah video berjudul “AKHIRNYA SADAR DIRI !! Bima Sakti Harus MUNDUR JADI PELATIH Timnas Usai di Geprek Barca Atau Tidak”.

Diunggah pada Kamis (3/8/2023), foto thumbnail adalah situasi tanding di lapangan (kiri), serta Bima Sakti tengah memegang mikrofon (kanan). Kemudian tulisan penyertanya “INI MURNI KESALAHAN SAYA SAYA MINTA MAAF!! BIMA SAKTI RESMI MUNDUR BIMA SAKTI AKHIRNYA SADAR DIRI LANGSUNG MUNDUR DARI PELATIH TIM INDONESIA JADI TUNTUTAN PUBLIK”.

Benarkah informasi yang disebarkan akun HBS LIGA?

CEK FAKTA

Pernyataan yang disampaikan video ini salah atau tidak benar. Belum ada sumber kredibel dan valid, utamanya dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan pernyataan seperti judul unggahan akun HBS LIGA.

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran foto dan judul terlebih dahulu. Hasilnya:

* Foto Coach Bima Sakti bukan diambil sehubungan ia mengundurkan diri.
Fakta: foto seperti ini, biasa diambil dari konferensi pers, yaitu saat sebelum dan sesudah olah raga, termasuk di luar sepak bola, yang intinya menunjukkan persiapan (pre-event) dan hasil (post-event). Dalam hal ini Coach Bima Sakti tengah memaparkan sesuatu terkait tim yang diasuhnya.

* Judul video “AKHIRNYA SADAR DIRI !! Bima Sakti Harus MUNDUR JADI PELATIH Timnas Usai di Geprek Barca Atau Tidak” dan kalimat thumbnail “INI MURNI KESALAHAN SAYA SAYA MINTA MAAF!! BIMA SAKTI RESMI MUNDUR BIMA SAKTI AKHIRNYA SADAR DIRI LANGSUNG MUNDUR DARI PELATIH TIM INDONESIA JADI TUNTUTAN PUBLIK” sangat tendensius.
Fakta: Tidak ada pernyataan dari Coach Bima Sakti bahwa ia menyatakan “Ini murni kesalahan saya, saya minta maaf”.

Baca Juga  harga sewa alat bangunan di Yogyakarta terupdate

Dikutip dari kantor berita Antara, pernyataan yang diberikan Bima Sakti berbunyi, “Ini pertandingan perdana kita dan saya tujuannya mencoba semua pemain, kami sudah koordinasi dengan Frank (Wormuth, konsultan pelatih Timnas U-17), penting buat kita jadi kita lebih tahu dan paham bagaimana tim dan kekurangan kita.”

KESIMPULAN

Video “AKHIRNYA SADAR DIRI !! Bima Sakti Harus MUNDUR JADI PELATIH Timnas Usai di Geprek Barca Atau Tidak” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *