Bank Indonesia (BI) Putuskan Pertahankan BI Rate Tetap 6%, Begini Pertimbangannya – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 20-21 Februari 2024 memutuskan mempertahankan BI rate sebesar 6%. Lalu suku bunga deposit facility sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility sebesar 6,75%.

“Keputusan mempertahankan BI rate tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024,” terang Gubernur BI, Perry Warjiyo, Rabu (21/2).

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Baca juga: Bank Indonesia Menahan Suku Bunga Acuan Sebesar 5,75%, Begini Pertimbangannya

Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran, termasuk digitalisasi transaksi keuangan pemerintah pusat dan daerah juga terus didorong untuk meningkatkan volume transaksi dan memperluas inklusi ekonomi-keuangan digital.

BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (alo)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Laba Kuartal III-2023 Pertamina Geothermal Energy Sentuh US$ 133,4 Juta, Lewati Laba Tahun 2022 - Fintechnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *